Cita-Cita dan “Role Model”

Sering berinteraksi dengan anak-anak usia sekitar 10-15 tahun? Coba tanya mereka, apa cita-citanya. Dengan cepat mereka mungkin akan menjawab: dokter, insinyur, artis, atau Presiden. Kadang-kadang ada juga yang bercita-cita menjadi guru atau profesor. 😉

Rasanya melegakan bila anak-anak mempunyai cita-cita. Tapi, bila mereka bercita-cita menjadi dokter, misalnya, dokter sehebat apakah sih yang mereka bayangkan? Insinyur apa dan sehebat apa? Bahkan menjadi Presiden pun, sosok Presiden mana yang mereka bayangkan — karena kita tahu tidak semua Presiden bagus.

Singkat kata, kalau mereka hanya menyebutkan jenis pekerjaannya, tanpa ada kejelasan sehebat apa, mereka kemungkinan akan mendapat pekerjaan tersebut, tapi pada dasarnya mereka akan menjadi seperti orang kebanyakan.

Mempunyai cita-cita itu bagus, tapi coba tanya mereka lebih jauh: siapa role model mereka? Role model adalah orang hebat yang mereka idolakan, yang menginspirasi mereka. Bila mereka ingin menjadi insinyur, misalnya, siapakah idolanya? Mungkin B.J. Habibie? Apa karya keinsinyurannya yang istimewa — anak harus punya alasan mengapa ia mengidolakan beliau. Dengan begitu, anak tahu apa konsekuensinya: ia harus belajar sekeras apa untuk mewujudkan cita-citanya menjadi insinyur seperti B.J. Habibie.

Nah, bila anda berjumpa dengan anak-anak, mungkin anak anda sendiri, coba tanya: siapa role model-nya? Jangan-jangan ia tidak punya role model. Bila demikian adanya, mungkin tugas kita sebagai orang dewasa untuk membuka wawasannya tentang orang-orang yang telah “membuat dunia ini berputar” dan apa yang telah dilakukan oleh orang-orang tersebut.

Mulai sekarang, tampaknya kita sebagai orang dewasa juga harus mulai mikir-mikir, siapa orang hebat di sekitar kita — dalam bidang sains, teknologi, kedokteran, ilmu sosial, seni, olahraga, dlsb. Make sure that they are really great, not just an average. Negeri ini butuh banyak orang-orang hebat, bila mungkin pada skala dunia, yang dapat menjadi role model bagi anak-anak!

HG, 13-04-2013

Tulisan yang sama diunggah di http://hgunawan82.wordpress.com pada 09-04-2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s